Hari Ke-25, Berziarah di makam Kesultanan
25 May 2016

Article Image

Di hari ke-25 ini, tidak banyak kegiatan yang dilakukan. Selain mengembalikan stamina yang terkuras karena perjalanan kemarin, tim fokus untuk mengecek kondisi tunggangan mereka terutama mengganti ban belakang dirasa ban sudah aus setelah menempuh hampir 3.000km.

Selesai “mengoperasi” unit tim kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pantai Bima dan juga mengunjungi makam kesultanan Dana Traha, di ketinggian kota Bima.

Kompleks makam Dana Traha ini berada di atas puncak bukit dengan ketinggian ± 50 meter di atas permukaan laut. Letaknya ± 200 meter di sebelah selatan Kompleks Kesultanan Bima termasuk wilayah Kampung Dara Kelurahan Paruga Kecamatan Rasanae. Kompleks makam ini oelh masyarakat dinamakan “Dana Traha” (Dana = tanah; Traha = istirahat) yang berarti tempat istirahat. Ada pula yang mengatakan Dana Traha berarti tanah yang dianggap sejarah karena di tempat inilah para Ncuhi bermusyawarah untuk merintis lahirnya kerajaan Bima di sekitar abad 10 masehi.

Usai berziarah mengunjungi makam Kesultanan Dana Trha, Tim VJIT kemudian kembali ke penginapan untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju Dompu.

Viar Motor Indonesia © 2016. All rights reserved.