Hari Ke-27, Merasakan Nanga Doro
27 May 2016

Article Image

Di pagi ke-27 ini, tim Viar Jelajah Indonesia Timur mengunjungi sumber air panas di Nanga doro yang terletak tepat 16 km dari pantai wisata Lakey, Hu'u ke arah selatan Dompu dan kemudian menapaki jalur aspal yang telah tertutup tetumbuhan.

Nanga doro adalah sebuah kawasan objek wisata berupa pegunungan tradisional yang terletak di Sumbawa tepatnya di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Selain Nanga doro, di Dompu memang terkenal banyak terdapat tempat wisata diantaranya adalah lakey, pulau satonda, gunung Tambora, ncanga tolu, situs nangasia, nanga tumpu dan lain sebagainya.

Nanga doro sendiri merupakan daerah resoort pegunungan tradisional yang dekat dengan Hu'u dimana salah satu yang menarik adalah sumber mata air panasnya. Sumber air panas ini mempunyai suhu mencapai 80 derajat celsius. Oleh karena itu objek wisata ini sangat bagus digunakan ebagai tempat beristirahat untuk melemaskan otot-otot yang sakit dan kaku. Manifestasi air panas tersebut kemungkinan muncul dari rekahan kerak bumi, melalui mekanisme patahan. Dari sisi pantai terlihat zona alterasi hanya diarea tertentu saja. Kemunculan air panas tersebut merupakan ciri dari aktivitas vulkanik, mengingat busur kepulauan Sumbawa dibentuk oleh batuan gunung api umur tersier, dan endapan marin berumur Miosen hingga kuarter.

Di pertengahan jalan menuju Dompu, tim VJIT disambut hujan lebat, tetapi hanya sesaat. Hujan tersebut hanya terjadi setelah keluar Hu'u menuju Dompu. Siang tim VJIT melanjutkan perjalananan, mengarah ke Sumbawa Besar dan tiba menjelang malam.

Viar Motor Indonesia © 2016. All rights reserved.